Senin, 06 April 2015

Membuat Link pada Halaman yang Sama

Pada pembahasan kali ini kita akan membuat link pada halaman yang sama. Link ini bisa kita manfaatkan, jika kita membuat artikel yang panjang tapi di jadikan satu halaman atau tulisan yang terdiri dari bab-bab. Maka agar memudahkan pembaca untuk menuju bab yang satu ke bab yang lain, kita bisa memanfaatkan link dalam satu halaman.

Sebagai contoh yang mungkin sering ditemui adalah saat kita membaca suatu halaman sampai habis (sampai bawah), terkadang kita menemui tulisan “Kembali ke atas” atau "Top" di sertai tanda panah ke atas, setelah di klik maka kita akan kembali ke bagian atas halaman yang kita baca. Itulah yang kita bahas kali ini. Tag yang kita gunakan yaitu
dan atribut yang digunakan adalah name dan href.
Pertama kita buat terlebih dahulu anchor name-nya.




Letakkan kode anchor name itu pada bagian yang akan kita tuju, jika nantinya link di klik. Pada contoh tersebut kita akan letakkan kodenya di awal halaman. Untuk atribut name kita bebas mau memberikan nama apa aja, yang penting disesuaikan dengan bagian yang akan kita tuju. Dan untuk teks “ini awal halaman” boleh dihilangkan sehingga kode di atas bisa kita tulis
Langkah selanjutnya kita membuat linknya, sebagaimana kita membuat link pada pembahasan sebelumnya kita menggunakan atribut href.




Dari kode di atas pada atribut href harus sama dengan yang kita tulis pada atribut name, tapi pada href diawali dengan tanda pagar (#). Selanjutnya teks Kembali ke atas itu yang akan ditampilkan sebagai link dan nantinya jika kita klik maka kita akan dibawa ke bagian atas halaman yang kita baca. Letakkan kode linknya di mana kamu suka, sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, saya sudah pasang kode di awal artikel ini. Coba klik link pada tulisan paling bawah di bawah ini, nanti kita akan menuju ke awal tulisan ini.

#Catatan:
- Penulisan link anchor ditempatkan pada mode HTML.

Sebelum menuju link, saya sajikan gambar-gambar penyejuk untuk pembaca :).



Al Qur'an, penyejuk hati penyubur iman pedoman kita

Barisan Personil dalam Parade Reog Ponorogo di Banjarharjo, Brebes
Jumat, 10 April 2015

Personil Reog Berjajar dalam Parade Reog Ponorogo di Banjarharjo, Brebes
Jumat, 10 April 2015

Parade Reog Ponorogo di Banjarharjo, Brebes
Jumat, 10 April 2015
Subhanallah, perempuan juga bisa :)

Kembali ke atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar