Rabu, 08 April 2015

Materi HTML; Program atau Aplikasi untuk Belajar HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk menampilkan website pada browser. Definisi HTML adalah suatu bahasa standar yang digunakan untuk membuat dokumen HTML. HTML terdiri dari kode-kode tertentu yang akan memerintahkan web browser untuk menampilkan informasi yang dapat berupa teks, gambar, suara dan lain-lain.

Cara belajar membuat HTML dari dasar biasanya menjadi kesulitan bagi mereka yang
baru mulai belajar. Khususnya mereka yang belajar membuat HTML secara ototidak. Bingung harus memulai darimana, dimana harus mengetik skrip/kode HTML, lalu bagaimana atau dimana melihat hasilnya, dan seterusnya. Maka dari itu saya mencoba membuat tutorial bagaimana cara membuat HTML dari paling dasar.
Untuk dapat belajar HTML dasar anda membutuhkan dua software (aplikasi) yaitu : HTML Editor dan Web Browser.

HTML editor adalah aplikasi/software yang akan kita gunakan untuk mengetikkan kode-kode / tag HTML. Terdapat banyak software / aplikasi untuk HTML editor, contohnya Dreamweaver, Notepad, Notepad++ dll. Untuk lebih cepat belajar, kita tidak harus menggunakan Dreamweaver tapi bisa menggunakan aplikasi Notepad. Aplikasi Notepad biasanya sudah tersedia di setiap komputer, jadi kita tidak menginstall aplikasi lagi.
Web Browser adalah aplikasi/software yang digunakan untuk membuka halaman website. Web Browser atau biasa disebut “browser” saja juga ada banyak, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lainnya. Kita hanya membutuhkan salah satu saja. Biasanya setiap komputer juga hampir pasti sudah memiliki aplikasi browser ini, minimal Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
Jadi, untuk belajar membuat HTML dasar, kita hampir tidak perlu menginstall aplikasi lagi di komputer. Dengan menggunakan aplikasi/software yang sudah ada kita bisa langsung mulai belajar membuat HTML.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar